SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE FUZZY MADM TOPSIS PADA SMK NEGERI 1 DEPOK

Tri Indriyani, Yuli Astuti1
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA.2019

A B S T R A C T

Proses seleksi dalam menentukan penerimaan beasiswa pada SMK Negeri 1 Depok masih mengalami kendala. Di lapangan masih diemkan kurang tepatnya penyaluran beasiswa yang di akibatkan oleh sistem yang masih konversional atau manual. Selainitu pengambil keputusan tidak dapat melihat kriteria-kriteria dalam beasiswa secara bersama-sama. Dalam ilmu komputer terdapat suatu sistem yang dapat membantu mengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang sifatnya semi struktur ataupun tidak terstruktur yaitu sistem pendukung keputusan..

Dalam Sistem Pendukung Keputusan terdapat berbagai metode salah satunya yaitu metode Madm Topsis. Madm Topsis merupakan salah satu metode fuzzy multi attribute untuk pengambilan keputusan. Metode ini memiliki konsep dimana alternatif terpilih yang terbaik tidak hanya memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif, namun juga memiliki jarak terpanjang dari solusi ideal negatif..
Dengan melihat masalah yang ada dalam penganmbilan keputusan pemilihan penerima beasiswa, sisitem pendukung

keputusan dengan menggunakan metode MADM Topsis dirasa tepat untuk digunakan dalam membantu pengambilan keputusan untuk penerima beasiswa. Diharapkan hasil dalam penelitian ini dapat membantu pengambilan keputusan dalam menentukan penerima beasiswa..

Keywords - Seleksi, Beasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Madm Topsis, SMK Negeri 1 Depok

CategoryUndergraduate Thesis
Posted Date30 November 2019
Modified Date30 November 2019
Download File Publikasi_16.11.0421.pdf
Google Scholar