ANALISIS DAN IMPLEMENTASI BENTUK SERANGAN PADA JARINGAN DENGAN WIFISLAX DAN FLUXION MENGGUNAKAN METODE EVIL TWIN ATTACK

Raka Nata Rizal, Ferry Wahyu Wibowo
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA.2019

A B S T R A C T

Pada zaman globalisasi ini berbagai teknologi berkembang sangat pesat, salah satu nya media penghubung dari berbagai perangkat yang hamper seluruhnya menggunakan Wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel. Semakin majunya perkembangan teknologi saat ini banyak ancaman – ancaman yang nyata untuk merusak, menghancurkan, mencuri, dan kejahatan lainnya, dengan wifislax terdapat banyak sekali alat – alat kejahatan yang bisa digunakan.

Wifislax adalah live CD berbasis Slackware dengan koleksi utilitas yang dirancang untuk melakukan berbagai tugas serangan, keamanan, dan forensik terutama pada jaringan nirkabel WiFi. Evil Twin adalah salah satu jenis serangan dengan cara membuat sebuah Accses point palsu yang di buat sengaja untuk mengecoh para pengguna, dengan nama (SSID) (Service Set Identification) yang sama bahkan nyaris tidak berbeda dengan legitimate AP atau AP yang sah. Hal ini lah yang mengakibatkan banyak para pengguna jaringan wireless terkecoh dan masuk dalam jebakan pelaku, selanjutnya pelaku dapat dengan leluasa melakukan sniifing, phissing, dan ilegall activiti lainya dengan menggunakan teknik man in the middle attack dengan kombinasi menggunakan deauthentication attack yang biasa di sebut Fluxion ini bisa menjadi jenis serangan yang sangat serius bagi pengguna jaringan nirkabel.

Dengan adanya alat analisis seperti snort dapat menimalisir dan mendeteksi serangan dapat membuat aktifitas para pengguna jaringan nirkabel akan lebih interaktif tanpa adanya ancaman serta gangguan dalam perkembangan teknologi khususnya pada konsep yang menggandalkan hubungan antara perangkat menggunakan wireless.

Kata Kunci - Wifislax, Snort, Internet of Things, wirelsess, deauthentication attack, evil twin attack, man in the middle, Fluxion, Linux.

CategoryUndergraduate Thesis
Posted Date30 Maret 2019
Modified Date30 Maret 2019
Download File Publikasi_15.11.9192.pdf
Google Scholar