MENGELOLA HATI MENGGAPAI BISNIS YANG SELALU UNTUNG

M. Kalis Purwanto
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA.2016

A B S T R A C T

Mengelola Hati adalah perbuatan amat personal. Kedalaman hati tidak bisa diukur. Hanya bisa dirasa. Setiap insan memiliki kepekaan berbeda. Sandarannya satu. Kejujuran melihat ke dalam diri. Di relung paling ujung situlah jawaban atas semua pertanyaan sekaligus persoalan.

Buku ini tidak mengenal sistematika. Yang ada hanya pengelompokan bagian yang sekiranya mirip. Bisa saja dalam satu bagian pun antar subnya tidak nyambung. Setiap bagian berdiri sendiri dan tidak musti ada kesimpulannya. Inti dan penjelasan kalimat bisa saja rancu. Itulah senyatanya dan tidak dibuat-buat.

Tema pertama tentang Tuhan itu Pemilik “Bisnis” Jagat Raya. Tema ke-30 Perenungan dan Pencarian Keuntungan. Tema kedua dan seterusnya tidak sebagai penjelas dari tema awal dan tema akhir. Uraian tiap tema berdiri sendiri. Tidak ada koherensinya dengan tema sebelum dan sesudahnya. Memang begitu cara pengungkapan pikiran dari al-Hikam yang ditafsir ulang oleh penulis.

Ada 264 butir nukilan yang bertebaran di masing-masing bagian. Butir-butir itu juga tidak musti urut. Ketidakurutan itu dimaksudkan agar bisa dibaca dari manapun bisa. Kandungan makna di akhir buku bukan berarti kesimpulan karena memang tidak ada kesimpulan. Membaca buku ini bisa seperti membaca koran atau majalah. Dimualai dari mana saja dan di akhiri di mana saja bisa. Tidak selesai membaca pun bisa.

Mengelola hati di buku ini diserahkan pada pembaca. Tidak ada penghakiman, tidak adak pengarahan pun tidak ada ajakan. Mengalir saja dan bisa tidak ada ujugnya. Yang memberi ujung adalah sang pembacanya. Itupun yang sudi memberi ujung. Jika tidak diujungi maka berhenti pada makna yang tersurat saja. Itu artinya benar-benar hanya seperti membaca majalah.

CategoryEbook
Posted Date05 April 2018
Modified Date05 April 2018
Download File Mengelola Hati.pdf
Google Scholar