PERANCANGAN MANAJEMEN BANDWITH DAN MANAJEMEN USER SEBAGAI OPTIMALISASI JARINGAN INTERNET DI TEMEN NYANTAI TRANSWISATA MENGGUNAKAN MIKROTIK

Made Yudhi Arya Putra, Andika Agus Slameto
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA.2017

A B S T R A C T

Kebutuhan akan ketersediaan internet saat ini sangat tinggi dengan meningkatnya ketergantungan manusia akan peranan teknologi informasi. Hal tersebut mempunyai dampak diperlukan adanya sistem penyediaan layanan internet yang dapat menyesuaikan kebutuhan intenet untuk pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk manajemen user dan manajemen bandwidth jaringan komputer untuk mengoptimalisasikan jaringan internet pada Temen Nyantai Transwisata menggunakan router mikrotik.

Permasalahan yang sering terjadi pada Temen Nyantai Transwisata adalah koneksi internet yang lambat karena traffic data sangat tinggi akibat pemakaian yang tidak memiliki batas tertentu, permasalahan disini dikarenakan koneksi internet pada Temen Nyantai Transwisata dipakai bersama dengan anak-anak kost yang memiliki akses internet tapi sama sekali tidak ada batasan pemakaian, akibatnya saat karyawan atau pimpinan pada Temen Nyantai Transwisata menggunakan bersamaan dengan anak kost yang sedang melakukan pemakaian internet dengan traffic yang tinggi, itu akan mengakibatkan koneksi lambat dan sulit mengakses internet. Maka dari itu diperlukan manajemen bandwith dan manajemen user agar semua bisa mengakses internet secara bersamaan tetapi tetap mendapatkan koneksi yang optimal.

Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang terjadi pada Temen Nyantai Transwisata dengan diterapkannya jaringan LAN dengan mikrotik supaya dapat mengoptimalkan pemakaian koneksi internet pada Temen Nyantai Transwisata.

Kata Kunci : Router Mikrotik, Manajemn Bandwidth dan Manajemen User

CategoryUndergraduate Thesis
Posted Date30 Desember 2017
Modified Date30 Desember 2017
Download File Publikasi_14.11.8218.pdf
Google Scholar