PENGEMBANGAN TOOL COMPUTERIZED ADAPTIVE TESTING DENGAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING SOAL DAN PEMILIHAN BUTIR TEST DENGAN FUZZY LOGIC

Agung Nur Hidayat, Windha Mega Pradnya
UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA.2017

A B S T R A C T

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Tool untuk menganalisa respon jawaban, untuk dihitung parameter karakteristik butir soalnya yaitu daya beda soal dan tingkat kesulitan soal, dan mengklusterkan soal sesuai dengan kemiripan dari karakteristik butir soal tersebut. Kemudian nilai-nilai tersebut dijadikan parameter untuk model sistem inferensi dalam penyajian tes yang adaptif yaitu memberikan butir soal tes yang tepat sesuai dengan kemampuan peserta.

Dalam melakukan pengklusteran metode yang digunakan adalah K-means Clustering. Sedangkan untuk pemilihan butir soal yang adaptif menyesuaikan tingkat kemampuan siswa menggunakan logika Fuzzy dengan metode Tsukamoto..

Output dari penelitian ini adalah alat untuk memanajemen dan menganalisa soal berdasarkan Teori Responsi Butir sekaligus model pengujian tes adaptif yang sesuai dengan tingkat kemampuan peserta ujian, sehingga dihasilakan penilaian yang objektif. Dalam penelitian ini di tujuan tes dan scoring dikhususkan untuk seleksi.

Keywords - K-means Clustering , fuzzy logic, CAT.

CategoryUndergraduate Thesis
Posted Date21 Desember 2017
Modified Date21 Desember 2017
Download File Publikasi_14.11.7659.pdf
Google Scholar